logo blog

10 Makanan yang Baik untuk Otak Anak dan Dewasa

Baca Juga

10 Makanan yang Baik untuk Otak Anak dan Dewasa - Makanan bernutrisi sangatlah menguntungkan, dimana makanan yang tepat juga bisa meningkatkan daya ingat sekaligus kecerdasan seseorang. Ada banyak makanan bergizi yang dapat kamu konsumsi memang, tapi makanan yang baik untuk otak adalah yang akan dibagikan kali ini daftarnya. Makanan-makanan di bawah ini adalah makanan yang bisa menjadi prioritas kamu ketika hendak meningkatkan kesehatan dan fungsi otak.

Otak merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagai pusat sistem saraf, otak berfungsi mengatur sebagian besar organ lain di tubuh kamu. Otak juga berkaitan erat dengan pemikiran dan kemampuan kognitif. Karena itulah, kesehatan otak harus dijaga agar tetap dapat bekerja secara optimal.



Nah, pada kesempatan kali ini Admin  Penghilang Jerawat Terbaik akan mengulas tentang 10 Makanan yang Baik untuk Otak Anak dan Dewasa. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Inilah Makanan yang Baik untuk Otak Anak dan Dewasa

1. Daun Kemangi

Untuk kebaikan otak, kemangi juga merupakan salah satu makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Jika kamu suka lalapan, maka kemangi merupakan sebuah keuntungan bagi kamu.
Selain dapat mengatasi bau mulut, kemangi akan meningkatkan daya konsentrasi, menghilangkan kecemasan atau suasana hati yang buruk serta memberikan ketenangan pada pengonsumsinya.

2. Pala

Banyak pikiran dan akhirnya membuat hati tak tenang juga segalanya berasal dari otak. Pala dengan kandungan minyak esensialnya sangat membantu dalam meningkatkan suasana hati yang baik.
Tidak hanya itu, pala baik bagi otak karena mampu membuat seseorang lebih berkonsentrasi selain memberikan kesegaran bagi hati pengonsumsinya.

Untuk mengonsumsinya dengan benar, kamu bisa memasukkan beberapa jumput pala tersebut ke dalam air yang sudah dicampur gula.

Atau secara alternatif, kamu bisa juga menggunakan pala sebagai bumbu ketika memasak seperti biasa. Kedua cara tersebut akan terbukti efektivitasnya untuk membuat kinerja otak meningkat dengan baik.


3. Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral, maka tak heran kalau di dalamnya terdapat kalium, zat besi, hingga vitamin B6 yang efektif dalam mencegah rusaknya saraf.
Untuk kesehatan sistam saraf otak, mengonsumsi setidaknya 1 � buah alpukat per hari adalah ide yang baik dan bahkan lebih dianjurkan.

4. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur atau makanan yang menyehatkan di mana dapat menjauhkan kita dari penyakit tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah, banyak orang menghindari bawang putih.
Aromanya yang begitu khas dan kurang menjadi favorit adalah salah satu alasannya. Walau ada efek samping bawang putih yang harus kamu ketahui, penting juga untuk mengenal manfaat bumbu dapur ini sebagai salah satu makanan yang sangat baik dalam merangsang peredaran darah di organ otak manusia.

Makanlah bawang putih setengah siung saja per harinya supaya persentase oksigen pada sel otak dapat meningkat dengan baik.

5. Buah Bit

Buah bit merupakan salah satu jenis sayuran umbi yang sangat bagus untuk kesehatan otak. Otak akan menjadi lebih kuat dan sehat dengan mengonsumsi bit secara teratur karena di dalam bit terkandung nitrit yang bakal diubah oleh tubuh menjadi nitrat.
Nitrat inilah yang diketahui dapat membantu menaikkan suplai oksigen dan darah menuju otak. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa ada peningkatan performa otak pada orang berusia 70 tahun ke atas sesudah mengonsumsi jus bit setiap hari.

6. Nanas

Nanas memang tak banyak yang menggemari karena rasanya yang agak asam, tapi nanas adalah buah yang baik untuk otak. Penting untuk diketahui bahwa di dalam nanas ada zat baik, yakni triptofan di mana salah satu fungsinya adalah untuk merileksasi otak.
Jenis asam amino ini mampu memberikan ketenangan pada seseorang di mana juga menginduksi relaksasi pada otak. Hanya saja, mengonsumsi nanas secara berlebihan tidak dianjurkan sama sekali.

7. Brokoli

Sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin K, brokoli adalah sayuran ajaib yang bisa membuat fungsi kognitif otak meningkat.
Vitamin K adalah jenis vitamin yang mampu meningkatkan kemampuan penyerapan instruksi verbal pada seseorang. Kolin yang tinggi di dalam brokoli juga penting untuk membentuk sel baru otak.

Sebuah hasil studi mengemukakan bahwa kolin yang dikonsumsi sewaktu hamil akan memengaruhi anak yang lahir nantinya memiliki fungsi kognitif, kemampuan daya ingat dan kemampuan belajar yang baik.

Kolin jugalah yang akan menjadi pencegah penurunan daya ingat pada orang yang sudah lansia. Sedangkan untuk sifat antioksidannya, ini akan memberikan perlindungan pada otak dari kerusakan.



8. Gandum Murni

Oatmeal, beras merah, serta roti yang terbuat dari gandum utuh adalah yang terbaik karena menawarkan indeks glikemik rendah. Dengan demikian, itu artinya kadar gula darah dapat senantiasa terkendali.
Pentingnya untuk otak adalah, gandum utuh atau murni mampu meningkatkan kekuatan otak. Telah dibuktikan melalui penelitian dari Chinen dan Cueto, anak-anak sekolah yang sarapan dengan gandum murni ternyata memperoleh nilai yang tinggi.

Mereka terbukti memiliki memori yang sangat baik dan kemampuan kognitif yang tinggi.

9. Tomat

Untuk ingatan jangka panjang dan fungsi kognitif yang baik, zat pemberi warna merah pada tomat adalah salah satu yang terbaik.

Karotenoid adalah namanya dan diketahui pula memiliki kandungan antioksidan yang memberikan perlindungan bagi sel otak dari kerusakan. Mengonsumsi tomat juga mampu mencegah risiko alzhemer dan demensia.

10. Bayam

Sudah diteliti bahwa asupan zat besi yang kurang pada tubuh mampu menjadikan seseorang sulit berkonsentrasi, mengingat dan berpikir. Itulah mengapa penting adanya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi.
Salah satu sumber zat besi di sini tentunya adalah bayam yang juga diketahui kaya akan asam folat di mana bagus untuk meningkatkan kesehatan fungsi otak.


Itulah 10 Makanan yang Sangat Baik untuk Otak Anak dan Orang Dewasa


Nah, itulah ulasan tentang 10 Makanan yang bagus untuk Otak Anak dan Dewasa. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat... Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Share this