logo blog

Inilah Manfaat Jalan Kaki yang Harus Kamu Ketahui!

Baca Juga

Inilah Manfaat Jalan Kaki yang Harus Kamu Ketahui! - Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain tidak membutuhkan keahlian khusus, berjalan kaki juga tidak perlu memakai peralatan atau pakaian olaharaga tertentu.

Cukup hanya bermodalkan sepatu olahraga ringan, plus celana training panjang dan bahkan tanpa harus mengenakan alas kaki sekalipun. Meskipun olahraga berjalan kaki murah meriah, namun jangan ditanya lagi manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan secara umum bagus bagi jantung, penglihatan, tulang, otot, bahkan baik untuk menyegarkan fikiran.



Nah, pada kesempatan kali ini  Admin Blog Penghilang Bgekas Jerawat akan mengulas tentang Banyak Manfaat Jalan Kaki yang Harus Kamu Ketahui! Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Banyak Manfaat Jalan Kaki yang Harus Kamu Ketahui!

Manfaat Jalan Kaki

Kamu dapat berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, agar tubuh kamu tidak kaget, sebaiknya berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari sebagai awalan, baru setelah itu secara perlahan kamu tingkatkan durasinya.

Jika kamu berjalan kaki secara rutin dan tentunya dengan menjalani gaya hidup sehat, maka kamu memiliki kemungkinan untuk mendapatkan beberapa manfaat seperti di bawah ini:


1. Mencegah Diabetes

Diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan melakukan jalan kaki, kamu telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat.
Dengan berjalan kaki selama 30 menit, kamu bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 setidaknya hingga 30 persen.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Jalan kaki memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung serta mengatur tingkat kolesterol kamu. Menurut sebuah studi, jalan kaki selama 30 menit diduga bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen.
Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung. Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah.

Namun, jika kamu memiliki masalah dengan jantung, cobalah untuk mengonsultasikan kepada dokter Anda. Hal ini dimaksudkan agar kamu mengetahui seberapa lama dan berat bisa melakukan olahraga jalan kaki. Karena hal ini berhubungan dengan batas kegiatan seperti apa yang baik untuk jantung kamu.

3. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, dan rentan patah karena rapuh. Dengan melakukan olahraga berjalan kaki, kamu dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang kamu.


4. Mengurangi Stress

Mungkin tidak terpikirkan oleh kamu sebelumnya bahwa ternyata berjalan kaki bisa membantu dalam mengurangi atau mencegah stres. Ya, menyempatkan berjalan kaki dalam sehari bisa mengurangi stres atau mencegahnya.
Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood kamu merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.

5. Dapat Menurunkan Berat Badan

Dengan berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari kamu bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki kamu, semakin banyak kalori yang dibakar. Namun tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, kamu juga perlu menunjangnya dengan pola makan sehat.

6. Tidak Mudah Terkena Penyakit

Kurang olahraga bisa membuat tubuh kamu mudah terkena penyakit. Cobalah untuk sempatkan diri melakukan jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan melawan infeksi.
Berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak dan tubuh secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang membuat kamu merasa lebih baik.

Nah, itulah ulasan tentang Banyak Manfaat dari Jalan Kaki yang Harus Kamu Ketahui! Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat..

Share this