logo blog

Inilah 10 Makanan Bebas Gluten untuk Diet

Baca Juga

Inilah 10 Makanan Bebas Gluten untuk Diet - Diet bebas gluten kian meningkat setelah sosok sosok berpengaruh Hollywood seperti Ryan Gosling ikut mencoba diet ini. Ditengah maraknya diet bebas gluten, produsen makanan organik pun menyelamatkan label 'Bebas Gluten' pada kesemasan.

Diet bebas gluten adalah pola makan yang menghindari protein gluten. Gluten merupakan protein pengikat bersifat lengket dan elastis (glue) yang ditemukan di dalam endosperm gandum (jaringan inti gandum).
Komponen ini berperan pada kelembutan atau chewiness makanan berbahan dasar gandum-ganduman seperti roti. Gluten tidak seutuhnya buruk bagi kesehatan. �Hanya saja jika dikonsumsi oleh pengidap celiac disease akan mengakibatkan peradangan pada usus kecil,� ahli gizi Emilia menjelaskan.

Reaksi ini merusak jaringan usus dan menghalangi proses penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Celiac disease adalah kondisi kesehatan dimana pasiennya tidak dapat menolerir komponen gluten pada gandum. Kondisi serupa juga ditemukan pada pasien pengidap wheat intolerant atau alergi gandum.


Nah, pada kesempatan kali ini Admin penghilang jerawat akan mengulas tentang 10 Makanan Bebas Gluten untuk Diet. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 10 Makanan Bebas Gluten untuk Diet

1. Brokoli

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan tidak mengandung protein gluten yang cukup berisiko, brokoli bisa menjadi alternatif pilihan saat ingin mengonsumsi sayur bebas gluten.
Selain rasanya yang nikmat, brokoli juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Brokoli kaya akan flavonoid yang berguna menangkal efek buruk radikal bebas yang mengakibatkan bersarangnya racun dalam tubuh.


2. Kiwi

Jika kamu berpikir tentang buah kiwi dengan harga yang mahal, mungkin harga mahalnya tersebut adalah alasan karena kandungan manfaatnya yang sangat besar.
Manfaat buah dengan rasa masam dan sedikit manisnya ini dianjurkan bagi penderita penyakit kronis seperti kanker, stroke, dan hipertensi. Kiwi juga tidak mengandung protein gluten yang dihindari oleh beberapa orang yang alergi gluten.

3. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi untuk kesehatan tubuh. Bayam hijau maupun merah justru dianjurkan bagi penderita hipersensitif gluten dan sebagian besar mereka yang mengalami penyakit kronis seperti jantung, dan kanker hati.
Mengonsumsi bayam yang tepat adalah pengolahan yang tidak berulang serta dikonsumsi sebelum lewat 4 jam setelah matang karena bayam juga menimbulkan zat oksidasi yang cukup berbahaya jika tidak dikonsumsi dengan tepat.

4. Almond

Kacang almond adalah sumber protein tertinggi non gluten yang dianjurkan bagi kamu yang hipersensitif pada gluten. Selain itu, kacang almond juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya organ pencernaan, perbaikan tulang, dan kecerdasan otak.


5. Salad

Salad dari jenis buah apapun umumnya hanya mengandung sedikit gula dan aman bagi penderita celiac serta mereka yang alergi gluten pada kadar tertentu.
Hanya saja dalam pembuatan salad, disarankan untuk tidak mencampurkan pasta, mayonnaise, dan semacamnya karena berbagai jenis saus dan pasta merupakan bahan yang mengandung gluten tinggi.

6. Daging

Berbagai jenis daging bisa dimanfaatkan untuk menggantikan protein gluten. Berikut ini adalah beberapa jenis daging yang aman dan justru dapat dikombinasikan untuk kamu konsumsi selama melakukan diet.
  • Daging sapi
  • Daging kambing
  • Daging ayam
Ketiganya sah-sah saja untuk dikombinasikan saat anda sedang melakukan diet bebas gluten terutama bagi penderita penyakit celiac. Daging merupakan sumber protein utama yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan kadar protein yang terdapat dalam daging ayam hampir 6 kali kadar protein gluten. Mengonsumsi daging segar yang kaya protein akan menambah asupan pembentukan energi harian anda, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.


7. Kacang

Lebih dari almond, berbagai macam jenis kacang-kacangan juga dianjurkan bagi mereka yang alergi terhadap gluten. Dengan kandungan protein dan mineral yang tinggi kacang-kacangan seperti:
  • Mete
  • Kenari
  • Kacang dari jenis sayuran
Kacang-kacangan juga termasuk aman dikonsumsi apabila kamu tengah mencari sumber atau jenis makanan yang berkadar gluten rendah atau bebas gluten sama sekali. Dan tentunya makanan-makanan ini justru yang dianjurkan untuk dinikmati oleh pengidap celiac.

8. Jagung

Jagung merupakan sumber gula yang lain yang juga dapat menggantikan nutrisi protein gluten. Biasanya dianjurkan bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Dengan mengonsumsi jagung kondisi mereka tetap bugar meskipun karbohidrat diperoleh bukan dari nasi.



9. Makanan yang Berlabel Gluten Free

Banyak sekali makanan dengan label gluten free sudah beredar dipasaran. Beberapa jenis makanan yang dikemas demikian seperti sereal, oatmeal, roti gandum, tepung gandum atau pasta yang memang diformulasikan khusus tanpa menggunakan bahan tambahan gluten.

10. Wortel

Nah makanan favorit kelinci ini ternyata sangat membantu kamu dalam menurunkan nafsu makan berlebih dan mengurangi kadar koleserol dalam tubuh. Serta juga dapat membakar lemak dengan cepat.

Nah, itulah ulasan tentang 10 Makanan Bebas Gluten untuk Diet atau makanan untuk diet. Apabila penjelasan di atas ada yang kurang jelas, atau kamu ingin memberikan kami rekomendasi selanjutnya harus membuat artikel apa, silahkan comment di bawah ya gais. Semoga bermanfaat... Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Share this

Previous
This Is The Oldest Page